Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional dan Lomba Esai 2017

Selasa, 24 November 2015

Lingkungan adalah kebutuhan manusia yang harus dijaga kelestariannya. Makhluk hidup butuh lingkungan untuk berkembang dan berinteraksi.  Lingkungan yang nyaman berdampak pada terciptanya kelangsungan hidup yang nyaman. Berdasarkan Undang-undang RI No.32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup, dikatakan bahwa Lingkungan hidup adalah kesatuan ruang dengan semua benda, daya, keadaan, dan makluk hidup, termasuk manusia dan perilakunya yang mempengaruhi alam sendiri, kelangsungan perikehidupan, dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lain.

Lingkungan yang nyaman sangat dirindukan dikalangan makhuk hidup. Kerusakan yang semakin familiar adalah masalah besar yang dihadapi kita bersama. Kerusakan yang terjadi di Indonesia menunjukkan kecenderungan yang terus meningkat. Bisa dilihat dari bencana alam yang semakin menjalar. Menurut Keraf (2002) munculnya masalah lingkungan hidup adalah masalah moral, persoalan perilaku manusia. Penyebab kerusakan lingkungan karena perilaku manusia sudah dikatakan dalam Al-Qur’an surat Ar-Rum ayat 41 yang berbunyi :
Artinya: Telah nampak kerusakan di darat dan dilaut disebabkan karena perbuatan   tangan menusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebagian dari (akibat) perbuatan mereka agar mereka kembali (ke jalan yang benar). (QS. Ar-Rum, 41)
Pencegahan kerusakan lingkungan dapat dimulai dari hal yang sangat kecil, yakni dimulai dari diri kita sendiri. Kesadaran untuk lebih mencintai lingkungan harus ditanamkan sedini mungkin. Selain kesadaran dari diri sendiri, solusi yang dibutuhkan untuk keselamatan lingkungan adalah ide kreatif yang bisa mengatasi atau mencegah kerusakan lingkungan kita, maka dari itu kompetisi KIST merupakan suatu wadah yang bertujuan sebagai penopang kreasi anak bangsa untuk menyelamatkan lingkungan kita yakni bumi Indonesia dan bumi jagad raya.
by Unknown 08.58 No comments

0 komentar:

Posting Komentar

Bookmark Us

Delicious Digg Facebook Favorites Stumbleupon Twitter

Search